18 Dec

Di Indonesia, ada berbagai jenis kontrasepsi yang dapat digunakan oleh perempuan, salah satunya adalah pil Keluarga Berencana (pil KB). Pil KB menjadi alat kontrasepsi paling banyak digunakan oleh perempuan di Indonesia menurut Kemenkes.

 

Meskipun paling banyak digunakan, namun pil KB juga tidak bisa lepas dari mitos. Mitosnya, perempuan yang minum pil KB akan membuat tubuh menjadi gemuk dalam beberapa waktu. Lalu, apakah benar pil KB bikin gemuk? Yuk cek faktanya.

 

Baca juga: Kenali 4 Hal Tentang Pil KB Sebelum Menggunakannya

 

Fakta Pil KB

 

mitos pil kb

 

 

Dikutip dari Antaranews, Pakar obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kusuma Pradja Semarang, dr. Muhammad Irsam, SpOG (K), mengatakan jika mengonsumsi pil KB membuat gemuk hanyalah mitos. Ia menyatakan jika kegemukan terjadi karena pola makan yang tidak terkendali, bukan karena konsumsi pil.

 

Di dalam pil KB, terdapat kandungan hormon estrogen. Nah, hormon estrogen yang terlalu banyak memang dapat memicu retensi cairan di tubuh, cairan tidak keluar, sampai berat badan yang cenderung naik. Namun, ia mengatakan jika mengonsumsi pil KB diimbangi dengan pola makan sehat, maka tidak akan membuat perempuan menjadi gemuk.

 

Baca juga: Benarkah KB Bikin Gemuk? Cek Mitos dan Fakta Seputar KB

 

Mitos Pil KB Lainnya

 

mitos pil kb 3

 

Selain membuat badan jadi gemuk, ada beberapa mitos tentang pil KB lainnya. Misalnya orang yang mengonsumsi pil KB menyebabkan jerawat, kanker, hingga kemandulan. Mitos ini juga dibantah oleh dokter Muhammad Irsam. Ia mengatakan jika mengonsumsi pil KB justru akan menurunkan risiko kanker ovarium dan endometrium.

 

Selain itu, dilansir dari Verywell Health, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi selama 1-4 tahun dapat menurunkan risiko kanker ovarium sebesar 22%. Bahkan ketika rutin mengonsumsi selama 15 tahun atau lebih, risiko kanker ovarium dapat turun hingga 58 persen. Tak hanya itu, efek perlindungan dari pil KB masih dapat dirasakan sampai 30 tahun setelah penggunaannya dihentikan.

 

Nah, sekarang Genbestie sudah tahu, kan, kalau ternyata minum pil KB tidak menyebabkan tubuh jadi gemuk. Selain pil KB, kita dapat memanfaatkan jenis kontrasepsi lainnya, seperti suntik KB, implan KB, dan IUD. Untuk menentukan kontrasepsi terbaik bagi diri sendiri dan pasangan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis obgyn, ya. Kontrasepsi yang tepat dapat membuat keluarga lebih sejahtera dan membantu mengurangi risiko stunting.

 

—---

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1143/kontrasepsi-tepat-tingkatkan-kesehatan-reproduksi

 

https://kalbar.antaranews.com/berita/364939/pil-kb-bikin-gemuk-kata-siapa

 

https://www.verywellhealth.com/does-the-pill-cause-cancer-4114681#:~:text=The%20Pill%3A%20Research%20has%20shown,your%20risk%20by%2036%20percent.
 

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top