26 Dec

Menjelang pernikahan, banyak hal yang perlu Genbestie dan pasangan persiapkan, seperti persiapan acara, hubungan antar keluarga, dan sebagainya. Tak jarang persiapan pernikahan membuat calon pengantin (catin) menjadi stres secara emosional. Tentu ini akan mengganggu dan dapat menghambat persiapan pernikahan.

 

Nah, jika Genbestie mengalaminya, cobalah untuk melakukan tips mengatasi stres saat menjelang pernikahan. Yuk disimak tipsnya!

 

Baca juga: 10 Daftar Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin

 

Tips Mengatasi Stres Menjelang Pernikahan

 

tips mengatasi stres

 

 

1. Komunikasi

 

Stres menjelang pernikahan sebenarnya dapat diatasi, terutama dengan memperkuat komunikasi dengan pasangan. Banyak penyebab stres ini dapat diidentifikasi melalui kurangnya komunikasi, jadi penting untuk membicarakan harapan dan keinginan masing-masing terkait pernikahan.

Libatkan keluarga dan jangan ragu untuk berbagi pendapat. Dengan membahas setiap aspek pernikahan, sekecil apapun masalahnya. Maka, pasangan dapat mengatasi permasalahan dengan baik dan mengurangi tingkat stres yang mungkin dirasakan.

 

2. Saling kompromi dan berinteraksi

 

Dikutip dari Antaranews, dokter spesialis kejiwaan, dr. Zulvia Oktanida Syarif, Sp. KJ mengatakan pasangan harus saling kompromi. Menurutnya stres menjelang pernikahan adalah dampak dari cara dua kepribadian berinteraksi dan oleh karenanya kedua individu harus saling memahami satu sama lain. 

 

Namun begitu, tidak jarang faktor keluarga juga menjadi salah satu pemicu stres menjelang pernikahan. Apalagi jika kedua keluarga mempunyai perbedaan pendapat, baik secara adat, agama, atau nilai-nilai tertentu. Untuk hal ini Genbestie dapat memberikan pengertian tentang pembagian peran dan tugas saat resepsi pernikahan kepada keluarga. 

 

Baca juga: 7 Tanda Pacaran Sehat, Bisa Langgeng Sampai Pernikahan

 

3. Sesuaikan anggaran

 

Budget atau anggaran pernikahan menjadi salah satu permasalahan yang membuat Genbestie stres. Sebaiknya, sesuaikan saja anggaran pernikahan dengan uang yang sudah terkumpul. Tujuannya agar tidak menjadi masalah di kemudian hari yang dapat berdampak buruk pada kehidupan rumah tangga.

 

Maka, dalam mempersiapkan pernikahan, memang banyak hal yang harus diperhatikan agar acara berjalan lancar. 

 

4. Perkuat koordinasi dan koneksi

 

Manfaatkan jasa wedding organizer pernikahan untuk membantu merencanakan pernikahan dengan memberikan arahan dan tetap mengawasi prosesnya. Diskusikan preferensi pernikahan dan anggaran bersama mereka, dan percayakan pekerjaan detail kepada tim tersebut. Ini adalah langkah efektif untuk mengontrol biaya dan menghindari stres karena pengeluaran berlebihan. Mencari konseling pernikahan jika diperlukan, sehingga kedua pasangan dapat mengatasi stres menjelang pernikahan. Dengan begitu, persiapan hingga hari-H dapat dilakukan dengan lebih tenang dan lancar.

 

—---

 

Sumber:

 

https://kalteng.antaranews.com/berita/602533/kiat-agar-tidak-stres-saat-siapkan-resepsi-pernikahan

 

https://hellosehat.com/mental/stres/penyebab-stres-menjelang-pernikahan/

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top