7 Dec

Menyimpan bahan-bahan makanan pendamping ASI (MPASI) dan mengolahnya dengan benar adalah suatu keharusan bagi Genbest untuk membantu menjaga kesehatan si kecil.  Makanan sehat merupakan elemen kunci dari perawatan si kecil. 

 

Dengan praktik menyimpan dan mengolah makanan yang higienis kita membantu si kecil tetap sehat dengan tumbuh kembang optimal dan jauh dari risiko stunting.  

 

Bagi Genbest yang masih kesulitan dalam menyimpan dan mengolah bahan MPASI agar kualitasnya terjaga, bisa coba cara berikut:

 

Sayuran hijau

Bayam dan brokoli mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi bayi. Supaya kualitasnya terjaga, pisahkan akarnya lalu cuci sayuran menggunakan air dan sedikit lemon. Setelah itu, keringkan sayuran dan bungkus menggunakan tisu agar tetap segar.

 

Baca Juga: Manfaat Sayuran Berdasarkan Warnanya

 

Alpukat

Untuk buah alpukat disarankan disimpan di suhu ruangan sampai benar-benar matang dan empuk, sebelum diberikan kepada si kecil. Untuk buah alpukat yang sudah dipotong, masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tidak teroksidasi dan berubah warna.

 

Roti

Roti termasuk bahan MPASI yang mudah basi. Maka dari itu, simpan roti ke dalam wadah kedap udara dan letakkan di suhu ruangan. Jangan menyimpan roti dalam kulkas di rak bagian bawah, ya! Karena akan membuat roti menjadi lembap dan mudah rusak. Lebih baik simpan di dalam freezer, karena bisa bertahan hingga 6 bulan.

 

Telur

Salah satu sumber protein hewani yang baik, disarankan menyimpan telur di wadah karton aslinya dan dimasukkan ke dalam kulkas. Selain itu jangan asal mengolah telur untuk MPASI bayi, ya! Demi keamanan, berikan telur yang telah dimasak hingga matang untuk menu MPASI si kecil.

 

Baca Juga: Pentingnya Protein Hewani pada MPASI Anak

 

Daging ayam dan sapi

Untuk menyimpan daging mentah, disarankan di dalam freezer dengan wadah kedap udara untuk menghambat perkembangan bakteri dan memperlambat kerusakan.

 

Sebelum mengolahnya, jangan lupa cuci tangan pakai sabun untuk meminimalkan risiko kontaminasi bakteri dari daging ke makanan lain. Gunakan pisau dan talenan yang berbeda untuk memotong buah atau sayur, ya! Pastikan memasak daging hingga matang, agar terhindar dari risiko keracunan bakteri pada daging. 

 

Ikan

Sebelum menyimpan ikan dalam freezer, potong jadi beberapa bagian. Kemudian masukkan potongan ituke plastik kedap udara. Selain mempermudah Genbest saat mengolahnya, cara ini bertujuan agar rasa dan kandungan gizi ikan tetap terjaga.

 

Baca Juga: 4 Ikan Lokal Ini Dinilai Ampuh Cegah Stunting

 

Nah, itulah beberapa trik menyimpan bahan-bahan MPASI agar kualitasnya terjaga. Eits, tidak hanya itu saja. Genbest juga perlu memerhatikan cara mengolah bahan MPASI yang benar agar aman dikonsumsi bayi. Agar bahan makanan tetap higienis, jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum mengolahnya. Kemudian, masak bahan makanan hingga benar-benar matang, sehingga aman dikonsumsi bayi.

 

Baca Juga: Cara Tepat Menyimpan Stok MPASI agar Nutrisinya Terjaga

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top