17 Nov

Bagi Genbest yang sedang sibuk menjelang pernikahan, jangan lupa memerhatikan asupan gizi kamu untuk persiapan kehamilan kelak, ya! Pada saat hamil nanti, tubuh Genbest harus membuat lebih banyak sel darah merah untuk membawa oksigen yang cukup ke seluruh jaringan tubuh, termasuk ke janin yang sedang tumbuh. 

 

Setiap sel darah merah membutuhkan zat besi untuk produksinya. Karena itulah, ketika tidak memiliki cukup zat besi, Genbest bisa menderita anemia. Penyakit anemia ini yang perlu Genbest cegah, karena pada kasus yang parah, anemia dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan memiliki berat badan lahir rendah. Genbest pun tahu kedua kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko stunting pada anak. 

 

Lalu bagaimana cara menjaga asupan gizi supaya kamu bisa terhindar anemia saat hamil nanti? 

 

Tidak sulit, kok, Genbest, cukup ikuti 5 tips menjaga asupan gizi bagi calon pengantin di bawah ini:

 

1. Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Zat besi diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin (protein yang ada pada sel darah merah). Karena itu, untuk mencegah anemia, calon pengantin harus memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Contoh, dengan mengonsumsi daging ayam tanpa lemak, sayuran berwarna hijau tua, dan kacang-kacangan. Selain itu, calon pengantin perempuan juga dianjurkan mengonsumsi tablet tambah darah 1 tablet per hari, minimal 1 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

 

Baca Juga: Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

 

2. Cukupi Kebutuhan Vitamin B12

Selain zat besi, calon pengantin perempuan juga membutuhkan makanan tinggi vitamin B12 untuk mencegah anemia. Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan saraf, membuat DNA, serta menyehatkan sel darah merah.

 

Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG), perempuan dewasa harus memenuhi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 2,4 mcg/hari. Beberapa sumber vitamin B12 yang bisa dikonsumsi antara lain: kerang laut, ikan, daging unggas, telur, hingga hati ayam.

 

3. Rutin Mengonsumsi Asam Folat

Vitamin B9 atau asam folat bermanfaat untuk membantu tubuh membuat sel-sel baru, termasuk sel darah merah. Dengan mencukupi kebutuhan asam folat, calon pengantin sama saja sedang mencegah anemia.

 

Selain itu, konsumsi asam folat bagi calon pengantin juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, baik pria maupun wanita. Beberapa makanan sumber folat adalah telur, bayam, daging unggas, hati, brokoli, dan jenis kacang-kacangan.

 

Baca Juga: Ini Pentingnya Asam Folat Bagi Ibu Hamil

 

4. Konsumsi Vitamin C

Salah satu fungsi vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Berbagai sumber vitamin C alami yang baik dikonsumsi calon pengantin antara lain: melon, jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, brokoli dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya bisa klik di sini.

 

5. Pola Makan Seimbang

Terakhir, tentu Genbest dan pasangan perlu selalu menjaga asupan gizi bagi dengan pola makan bergizi seimbang. Untuk itu Genbest perlu makan teratur, tidak berlebihan atau tidak kekurangan, dan memerhatikan keragaman dan komposisi makanan. Untuk cara merancang  pola makan bergizi seimbang, Genbest bisa mengikuti panduan Isi Piringku di link ini.

 

Di samping tips-tips di atas, calon pengantin tentu perlu memulai gaya hidup yang lebih sehat, seperti menjauhi stres, cukup tidur, dan berolahraga teratur. Nah, semoga pernikahan Genbest lancar, ya!

 

Baca Juga: 5 Tes Kesehatan untuk Wanita Sebelum Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top