23 Jan

Tempe adalah salah satu produk fermentasi dari kacang kedelai. Di samping harganya yang cukup murah, tempe juga menjadi sumber terbaik untuk energi dan protein. Tak hanya itu saja, tempe juga mengandung prebiotik atau bakteri baik bagi usus, rendah sodium dan karbohidrat.

Dikutip dari Healthline, 84 gram tempe mengandung 162 kalori, 15 gram protein, 9 gram karbohidrat, 9 miligram sodium dan masih banyak lainnya. Bahkan disebutkan pula 166 gram tempe setara dengan dua per tiga kalsium yang ada pada satu gelas susu.

Sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi, tempe bisa membantu mencegah stunting pada anak-anak. Sebab protein pada tempe merupakan makronutrisi yang mengandung asam amino. Tubuh manusia sendiri sebenarnya bisa membentuk sejumlah asam amino, namun ada pula asam amino yang bisa didapatkan hanya dari makanan.

Asam amino memegang peranan penting dalam mengatur pertumbuhan manusia dan metabolismenya, seperti hormon pertumbuhan, insulin, hormon tiroid dan lainnya. Beberapa asam amino memegang peranan yang lebih besar dalam pertumbuhan, seperti arginine, lysine dan sulfur yang mengandung asam amino. Arginine dan lysine menstimulasi hormon pertumbuhan jauh lebih signifikan dibandingkan asam amino.

Lysine terdapat pada nasi, methionine ada pada kedelai dan makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tempe dan tahu, dan bertugas untuk menstimulasi gen yang berhubungan dengan hormon pertumbuhan. Karenanya, mengonsumsi tempe bisa membantu untuk mencegah stunting.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2018 oleh Universitas Diponegoro menggunakan tempe sebagai bahan dasar makanan dalam bentuk nugget guna memenuhi kelengkapan energi dan asupan protein untuk anak-anak usia 24 sampai 59 bulan.

Nugget tempe itu diberikan selama 30 hari dan diberikan pada anak-anak dengan berat badan kurang dengan defisiensi energi dan protein. Hasilnya, terjadinya peningkatan dari asupan energi dan protein meskipun tidak signifikan. Namun, setidaknya tempe bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi dan protein khususnya bagi anak-anak.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top