18 Sep

Memutuskan untuk segera hamil setelah menikah adalah hal yang sangat wajar. Namun bila ada sedikit kegundahan apakah Genbest bisa langsung hamil begitu menikah nanti, ini juga sangat wajar.

 

Kesuburan memang seperti buah misteri karena tidak bisa kita rasakan secara langsung. Kabar baiknya, ada beberapa petunjuk yang bisa dijadikan tanda bahwa Genbest subur dan siap untuk hamil. Berikut di antaranya:

 

1. Termasuk usia subur

Satu tanda siap hamil setelah menikah yang perlu diperhatikan adalah faktor usia. Idealnya, untuk hamil dan memiliki anak pada usia 20-35 tahun. Mengapa demikian? Ini terkait tingkat kesuburan wanita usia 20-35 yang masih sangat tinggi, dan kualitas sel telur yang diproduksi masih sangat baik sehingga dapat meminimalkan risiko bayi lahir cacat. 

 

Baca Juga: Usia Ideal untuk Hamil dan Memiliki Anak Setelah Menikah  

 

2. Memiliki siklus menstruasi teratur

Wanita dengan siklus menstruasi setiap 24 hingga 35 hari lebih mudah hamil. Siklus yang teratur bisa menjadi tanda paling jelas bahwa hormon bekerja dengan baik dan melepaskan sel telur setiap bulan (ovulasi). Nah, Genbest bisa melihat siklus menstruasi Genbest teratur atau tidak dengan mencatatnya tiap bulan. 

 

Baca Juga: Catat Siklus Mestruasi Tiap Bulan, Ini Manfaatnya

 

3. Sehat secara fisik dan mental

Wanita yang sehat secara fisik dan mental merupakan nilai tambah dalam hal kesuburan. Studi menunjukkan bahwa stres tinggi bisa membuat hamil lebih sulit. Jadi, jika Genbest merasa sehat secara fisik dan mental ini adalah salah satu tanda Genbest siap hamil. 

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

4. Berat badan ideal

Wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat meningkatkan kemungkinan masalah kesuburan. Pada wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas, kelebihan lemak tubuh dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi dan membantu embrio baru berkembang menjadi kehamilan yang sehat. Di sisi lain, wanita dengan lemak tubuh terlalu sedikit mungkin mengalami kesulitan hamil karena tubuh mereka menyimpan energi untuk menjaga semuanya berfungsi dengan baik; ini dapat mematikan ovulasi.

 

5. Tidak Merokok

Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok memiliki dampak negatif pada kesuburan. Jadi, jika Genbest tidak pernah merokok, kamu  sudah memberi diri  kesempatan untuk lebih cepat hamil. Merokok telah terbukti mempercepat hilangnya sel telur dari waktu ke waktu dan dikaitkan dengan memperpendek umur reproduksi wanita. Jadi hanya dengan menjauhkan diri dari rokok, Genbest mungkin sudah meningkatkan peluang untuk hamil.

 

Baca Juga: Paparan Asap Rokok Tingkatkan Risiko Stunting pada Anak

 

6. Haid tidak terlalu deras

Haid terlalu deras bisa menjadi gejala fibroid. Ini merupakan tumor jinak yang dapat mengubah struktur rahim dan mengganggu implantasi embrio sehingga kehamilan lebih sulit terjadi. 

 

7. Haid tidak terlalu sakit

Menstruasi yang sangat menyakitkan dapat menjadi tanda kondisi yang disebut endometriosis. Endometriosis adalah kondisi saat endometrium (jaringan yang biasanya melapisi dinding rahim), ditemukan di luar rahim (paling sering di rongga panggul atau ovarium). Inilah yang dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat saat haid dan membuat wanita lebih sulit untuk hamil. 

 

Nah, semoga Genbest cepat hamil dan dapat membangun keluarga sehat sejahtera yang terbebas dari stunting!

 

Sumber: www.parents.comwww.ivfmd.com

 

Baca Juga: Calon Pengantin Juga Harus Sadar Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top