10 Oct

Seperti Apa Pola Makan Bayi 1 Tahun?

by : Admin

Si kecil yang berusia 1 tahun sekarang sudah bisa makan apa saja, jadi dia pun bisa menikmati makanan keluarga. Walau begitu, tetap perhatikan teksturnya, dan usahakan makanannya selalu bergizi seimbang agar nutrisi harian si kecil dapat terpenuhi dan ia bisa tumbuh optimal dan jauh dari ancaman stunting.

 

Pada usia ini, ASI masih memberikan nutrisi penting dan membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya, tetapi yang menjadi sumber utama nutrisi dan energi bagi anak adalah makanan. Untuk itu, selalu berikan si kecil  makanan terlebih dahulu, baru kemudian ASI kalau memang dia masih lapar.

 

Genbest  juga perlu selalu ingat di masa pertumbuhan emas anak, si kecil harus memenuhi kebutuhan sebagian besar kalorinya dari lemak, protein, dan karbohidrat. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu pastikan dia selalu mendapat porsi makanan hewani (susu, susu, telur, daging, ikan, dan unggas) setiap hari. 

 

Baca Juga: 3 Masalah Makan pada Anak dan Cara Mengatasinya

 

Nah, berikut tips terkait pola makan si kecil yang berusia 1 tahun:

1. Perhatikan jadwal makan

Anak yang berusia satu tahun idealnya makan sebanyak 5 kali sehari. Jadwal makan ini terdiri dari makan besar tiga kali, dan camilan sehat dua kali di antara waktu makan. Jika anak tidak minum ASI maka frekuensi camilan sehat bisa lebih sering, ya.

 

2. Makanan variatif

Memasuki usia 1 tahun, biasanya si kecil sudah mulai punya makanan favorit. Tapi hal ini jangan membuat kita terpaku dengan makanan yang itu-itu saja. Kita harus membuat menu yang variatif, baik itu dari segi bentuk, warna, hingga tekstur makanan. Tujuannya supaya anak tidak bosan, dan mencegah si kecil jadi picky eater.

 

Baca Juga: Cara Agar Anak Tidak Jadi Picky Eater

 

3. Jangan lupakan zat besi

Saat menyajikan makanan untuk si 1 tahun jangan lupakan zat besi. Mineral ini berperan penting untuk mencegah anemia, mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dan baik untuk sistem kekebalan tubuh.

 

Selamat menyajikan makanan bergizi untuk si 1 tahun, Genbest!

 

Baca Juga: Anemia Bisa Pengaruhi Daya Pikir Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top