4 Aug

Genbest apa yang kamu rasakan saat menstruasi? Jawabnya pasti beragam, salah satunya, badan bisa terasa lemeeees banget  dan membuat kita jadi malas untuk beraktivitas. Apakah ini normal? Umumnya keluhan lemas menjelang atau saat menstruasi adalah normal dan bisa dicegah dengan beberapa cara sederhana yang bisa Genbest lakukan sendiri di rumah. 

 

Namun sebelum itu, yuk, kita ketahui dulu apa penyebab badan bisa terasa begitu lemas menjelang atau saat menstruasi: 

 

1. Perubahan Hormon

Dalam laman Healthline dijelaskan, gejala-gejala PMS atau sindrom pra-menstruasi (salah satunya tubuh lemas) terjadi akibat perubahan hormonal. Contoh, menjelang hari haid, produksi hormon estrogen meningkat dan menurun pada saat menstruasi. Seiring dengan penurunan estrogen, kadar hormon serotonin juga menurun. Inilah yang dapat membuat kita moody saat haid dan tubuh terasa lemas karena terjadinyapenurunan tingkat energi.

 

2. Kekurangan zat besi

Pendarahan yang banyak saat menstruasi dapat menyebabkan anemia karena tubuh jadi kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh. Gejalanya bisa termasuk tubuh lemas dan kelelahan, bahkan beberapa remaja putri sampai pingsan. Itu sebabnya, dokter akan menganjurkan kita untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin penambah darah.

 

Baca Juga: Aneka Penyebab Anemia Sesuai Usia

 

CARA MENCEGAH LEMAS SAAT MENSTRUASI

 

1. Buat jadwal makan lebih sering 

Cara mencegah badan lemas saat menstruasi bisa dilakukan dengan makan lebih sering dari biasanya. Bagilah porsi makan yang biasa Genbest konsumsi sehari-hari, menjadi porsi lebih kecil- kecil, tapi lebih sering. Misal, kalau biasanya makan 3 kali sehari, Genbest bisa membaginya menjadi 5 kali sehari. Makan makanan yang bergizi secara teratur sepanjang hari membantu menstabilkan kadar glukosa darah dan mencegah badan lemas.

 

2. Perbanyak minum

Dehidrasi dapat memperburuk badan lemas yang sudah Genbest alami. Minum lebih banyak akan membantu mencegah dehidrasi, namun hindari minuman yang mengandung soda, kafein, dan alkohol.

 

3. Makanan mengandung zat besi

Saat menstruasikita perlu tambahan zat besi untuk mencegah badan lemas. Ada beberapa makanan kaya zat besi yang bisa Genbest konsumsi, seperti daging merah, sayur bayam, dan hati ayam.

 

Baca Juga: Ini Bahaya Kelebihan Asupan Zat Besi Bagi Tubuh

 

4. Berolahraga

Aktivitas fisik  yang cukup bisa membantu Genbest tidur lebih nyenyak di malam hari, sehingga tubuh tidak lemas saat bangun. Pilih aktivitas/olahraga yang Genbest suka, seperti berjalan kaki atau jogging saja selama 30 menit. 

 

Itulah beberapa cara mencegah badan lemas saat menstruasi. Meski badan lemas termasuk normal selama menstruasi, namun bila sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, Genbest bisa mengonsultasikannya pada dokter.

 

Baca Juga: Penting bagi Remaja Putri Mengenal Menstrual Hygiene

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top