24 Nov

Pisang adalah buah lezat yang cocok untuk segala usia, dari kita orang dewasa, remaja, anak-anak, sampai bayi sekalipun. Karena itulah, pisang sering dipilih para ibu saat pengenalan MPASI si kecil.  Pisang menjadi buah yang cocok untuk si kecil di masa 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) karena di balik tekstur yang lembut, pisang memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak.

 

Cara penyajiannya untuk MPASI juga relatif mudah, yakni tinggal dihaluskan dengan garpu, sudah siap diberikan pada si kecil. Lantas, apa saja manfaat pisang untuk MPASI si kecil?

 

1. Menambah berat badan

Pisang termasuk salah satu jenis buah padat nutrisi. Dalam setiap 100 gram pisang mengandung sekitar 22,84 gram karbohidrat yang bisa membantu menambah berat badan si kecil.

 

Baca Juga: Tips Menambah Berat Badan pada 12 Bulan Pertama

 

2. Melancarkan pencernaan

Dalam 100 gram pisang  mengandung sekitar 2,6 gram serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Apabila si kecil sedang kesulitan buang air besar, buah pisang bisa menjadi pilihan tepat untuk diberikan pada anak.

 

3. Mengoptimalkan perkembangan otak

Kandungan kalium dan folat pada pisang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak.

 

Baca Juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

 

4. Meningkatkan kekuatan tulang dan penglihatan anak

Kandungan kalsium pada buah pisang berperan penting untuk kekuatan tulang anak. Sementara vitamin A pada pisang baik untuk kesehatan mata si kecil.

 

5. Mencegah anemia

Seperti yang GenBest tahu, anemia dalam jangka panjang dapat menghambat tumbuh kembang anak hingga berisiko stunting. Pisang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12 yang membantu proses pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

 

Baca Juga: Tanda-Tanda Anemia pada Anak yang Sering Tidak Disadari Orang Tua

 

Resep MPASI Buah Pisang

Sekarang GenBest sudah tahu kan, kenapa pisang cocok banget dijadikan menu MPASI anak? Mengolah pisang untuk MPASI tidak hanya dengan puree pisang saja, lho. Ada beberapa resep MPASI buah pisang yang bisa GenBest coba di rumah:

 

1. Banana-Cado

Bahan-bahan: Satu buah pisang, sepotong alpukat, dan air atau ASI.

Cara membuat: Campuran pisang dan alpukat hingga halus. Kemudian, campurkan dengan satu sendok makan air atau ASI, aduk hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

 

2. Pisang Panggang Keju

Bahan-bahan: Satu buah pisang, keju, dan mentega.

Cara membuat: Potong buah pisang menjadi kecil-kecil. Kemudian, panggang di atas api dengan menggunakan mentega. Diamkan beberapa saat kemudian angkat, dan taburi dengan keju parut di atasnya.

 

3. Baby Banana Pancake

Bahan-bahan: Satu buah pisang, sebutir telur, ¼ cangkir rolled oat, dan mentega.

Cara membuat: Haluskan pisang bersama telur. Setelah merata, campurkan oat ke dalamnya. Lalu panaskan wajan dan masukkan satu sendok adonan pancake di dalamnya. Masak hingga matang dan sajikan kepada si kecil.

 

Jadi, mau coba resep MPASI pisang yang seperti apa untuk si kecil hari ini, GenBest?

 

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini Olahan Melon Untuk MPASI Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top