2 Aug

Haid adalah siklus alami yang terjadi pada perempuan setiap bulannya dan sebenarnya kita bisa memprediksi kapan tamu bulanan ini akan datang. 

 

Tanda-tanda haid akan datang, bukan dimulai 1-2 hari sebelumnya, tapi bisa 5 hari bahkan dua minggu sebelum menstruasi. Inilah yang terkadang tidak disadari remaja putri. Padahal dengan mengetahui haid mau datang, kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya. 

 

Contoh, membawa persediaan pembalut atau celana dalam di tas, atau saat muka lebih jerawatan, kita nggak bete karena paham jerawat itu akan segera hilang.

 

Baca Juga: 4 Fase Siklus Menstruasi Wanita, Remaja Putri Perlu Tahu

 

Nah, berikut gejala sindrom pramenstruasi atau PMS (Premenstrual Syndrome) yang bisa kamu amati.  Memang bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, ada 7 tanda haid akan datang yang umum terjadi, seperti di bawah ini:

 

1. Muncul jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang kerap muncul menjelang menstruasi. Biasanya jerawat tanda haid akan tiba ini berada di area dagu, dahi, dan rahang. Namun bisa juga muncul di area tubuh lain seperti punggung ataupun kaki.

 

Jerawat tanda haid ini muncul karena perubahan hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi. Perubahan ini merangsang produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori kulit.

 

2. Kram perut

Sebagian besar perempuan akan mengalami kram perut menjelang menstruasi. Biasanya tanda haid satu ini baru terjadi beberapa hari sebelum menstruasi pertama, dan akan hilang 2-3 hari setelah haid.

 

Nyeri perut akibat haid bisa terjadi dengan tingkat ringan hingga parah. Biasanya kram saat menstruasi akan terasa pada bagian perut bawah. Lalu menjalar ke punggung dan paha bagian atas, sehingga menimbulkan rasa pegal.

 

3. Payudara terasa padat dan nyeri 

Salah satu tanda haid akan datang yang kerap terjadi. Kondisi tersebut disebabkan peningkatan kadar hormon progesteron dalam tubuh untuk mempersiapkan pembuahan. Biasanya rasa nyeri pada payudara akan hilang di hari pertama haid.

 

Baca Juga: Perlukah Konsumsi Tablet Tambah Darah Saat Menstruasi?

 

4. Capek, tapi susah tidur

Tanda haid akan datang selanjutnya adalah rasa lelah, namun malah menyebabkan kita susah tidur meski badan sudah kecapekan berat. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar progesteron di dalam tubuh.

 

5. Mood swing

Tanda-tanda haid segera datang dari segi psikologis adalah adanya perubahan suasana hati (mood swing). Biasanya pada periode ini Genbest akan lebih sensitif, mudah cemas, tersinggung, menangis, dan cenderung uring-uringan. Bahkan, PMS selalu identik dengan perempuan yang kerap marah tiba-tiba.

 

6. Nafsu makan meningkat

Ketika PMS, nafsu makan juga akan meningkat. Hampir mirip dengan mengidam, pada momen-momen ini Genbest akan menginginkan jenis makanan tertentu. Beberapa jenis makanan yang paling sering diinginkan menjelang haid: cokelat, permen, maupun makanan asin lainnya.

 

7. Sakit kepala

Beberapa perempuan mungkin akan mengalami sakit kepala menjelang haid datang. Sakit kepala ini disebabkan oleh perubahan kadar estrogen pada tubuh sehingga mengganggu hormon serotonin pada otak. Bagi yang sering migrain, biasanya juga akan kambuh sebelum menstruasi tiba.

 

Nah, jadi Genbest tidak perlu khawatir jika mengalami tanda-tanda di atas menjelang haid, ya. Karena gejala-gejala tersebut wajar terjadi dan akan hilang setelah menstruasi tiba.

 

Baca Juga: Catat Siklus Menstruasi Tiap Bulan, Ini Manfaatnya

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top