6 Oct

Nggak terasa ya, si kecil sudah sekitar sebulan mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Nah, saat memasuki usia 7 bulan, kemampuan si kecil mencerna makanan biasanya semakin baik, untuk itu porsi, tekstur, hingga jadwal MPASI-nya pun perlu disesuaikan. 

 

Penyesuaian MPASI si 7 bulan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya di masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), sehingga tumbuh kembang anak optimal dan terhindar dari bahaya stunting.

 

Berikut panduan makan bayi usia 7 bulan yang bisa diikuti:

 

1. Frekuensi dan porsi MPASI bayi 7 bulan

Frekuensi pemberian MPASI bayi 7 bulan belum jauh berbeda dengan bayi usia 6 bulan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kebutuhan MPASI bayi 7 bulan sebanyak 2-3 kali per hari, sambil terus diberikan ASI. Dari segi porsi, kalau sebelumnya 2-3 sendok MPASI per hari, si kecil bisa mengonsumsi secara bertahap hingga ½ mangkuk MPASI.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak 

 

2. Tekstur makanan untuk bayi 7 bulan

Saat masih 6 bulan, tekstur MPASI lembut atau puree, masuk usia 7 bulan, tekstur MPASI bisa lebih kental. Contoh, Genbest bisa mengkreasikan menu MPASI dengan mencampurkan buah dan sayuran yang telah dihaluskan dengan sereal gandum. 

 

3. Jadwal makan bayi 7 bulan

  • Jam 06:00: ASI atau susu formula 150 ml.
  • Jam 08:00: 3-4 sendok makan MPASI puree.
  • Jam 10:00:  ASI atau susu formula 100 ml.
  • Jam 12:00: Makan siang dengan porsi ¼ hingga ¾ mangkuk MPASI bertekstur lumat.
  • Jam 15:00: Susui si kecil sebanyak 180 ml.
  • Jam 17:00: Beri bayi makanan ringan sebanyak ¼ cangkir.
  • Jam 19:00: Kembali menyusui si kecil sebelum bayi tidur.

 

Baca Juga: ​​Cara Mudah Menyiapkan MPASI untuk Ibu Super Sibuk

 

4. Daftar Makanan yang Baik untuk Bayi 7 Bulan

Pada usia 7 bulan ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk bahan MPASi si kecil, berikut beberapa di antaranya:

 

Ubi jalar

Dapat dijadikan alternatif pengganti kentang. Ubi kaya kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang baik untuk si kecil.

 

Kacang polong

Kacang polong merupakan sayuran kaya akan vitamin A, vitamin V, vitamin C, dan asam folat yang bagus untuk tumbuh kembang bayi.

 

Daging ayam

Mengandung lemak yang menjadi sumber energi bagi bayi 7 bulan. Daging ayam juga tinggi protein dan vitamin B12.

 

Ikan

Makanan tinggi protein namun rendah lemak. Teksturnya yang lembut setelah dimasak cocok untuk makanan MPASI bayi 7 bulan.

 

Daging merah

Sumber protein penting untuk mendukung tumbuh kembag bayi. Daging merah juga mengandung zat besi dapat mencegah bayi anemia.

 

Baca Juga: Mengenal Finger Food pada Si Kecil, Apa Saja Menunya?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top