30 Jul

Keputihan sering kali identik dengan ibu-ibu yang sudah menikah. Tidak heran banyak orang tua khawatir ketika si remaja putrinya mengalami keputihan. Padahal, keputihan bisa dialami juga oleh kaum remahaKeputihan yang normal memiliki beberapa tujuan, seperti membersihkan dan melembapkan vagina serta membantu mencegah dan melawan infeksi yang terjadi pada vagina

 

Baca Juga: Kenapa Remaja Putri Lebih Rentan Alami Anemia?

 

Karena itu, sebagai bagian dari personal hygiene, Genbest bisa menjelaskan pada si remaja soal keputihan ini. Bahwa terkadang dia akan mendapat keputihan, berupa cairan yang keluar dari vagina yang akan membasahi celana dalamnya. Yang perlu diketahui, ada keputihan yang normal, ada pula yang patologis (tidak normal).

 

Minta si remaja memerhatikan keputihan yang dialaminya. Keputihan yang normal memiliki ciri: cairan itu lengket, berwana putih susu, dan tidak berbau. Mengenai sedikit banyaknya cairan keputihan, bisa berbeda-beda, terkadang banyak sampai membutuhkan pantiliner untuk menjaga celana dalam tetap kering, namun juga terkadang hanya sedikit. 

 

Baca Juga: Siklus Haid Tidak Teratur Pengaruhi Kesuburan Ibu?

 

Keputihan yang Tidak Normal

Lalu bagaimana keputihan yang tidak normal? Keputihan patologis (tidak normal) bisa ditandai dengan:

 

  • Perubahan bau pada cairan keputihan, terutama bau yang tidak sedap
  • Perubahan warna, terutama kehijauan, keabu-abuan, atau apa pun yang tampak seperti nanah
  • Perubahan tekstur, seperti berbusa 
  • Vagina juga terasa gatal, terbakar, bengkak, atau kemerahan
  • Remaja putri mengalami pendarahan pada vagina atau bercak yang bukan saat menstruasi

 

Segera konsultasikan pada dokter, saat si remaja putri mengalami keputihan seperti di atas untuk dicari penyebabnya. Biasanya keputihan patologis disebabkan infeksi, seperti infeksi jamur, infeksi bakteri, dan lainnya. Keputihan patologis bisa dicegah dengan personal hygiene yang baik, untuk itu baca juga artikelPenting bagi Remaja Putri untuk Mengenal Menstrual Hygiene.”

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top