27 Aug

Genbest, bagaimana pola makan si 2 tahun sekarang ini? Apakah sudah memiliki jadwal makan yang teratur? Kalau belum, yuk segera susun jadwal makannya karena ini akan memberi manfaat tak terduga bagi si kecil. 

 

Dengan adanya jadwal makan,  misalnya, si kecil akan belajar mengenai keteraturan, sekaligus menghargai rasa kenyang dan laparnya sehingga bisa lebih menikmati makanan yang disajikan. 

 

Umumnya jadwal makan si 2 tahun, sudah seperti orang dewasa, yakni membutuhkan tiga kali sehari makan utama yang sehat dan bergizi, ditambah dua sampai tiga kali kudapan. Namun tentu ini bukan patokan baku dan  bisa disesuaikan dengan kondisi.  

 

Baca Juga: Membatasi Asupan Karbohidrat pada Anak Bisa Sebabkan Stunting

 

Tips Menyusun Jadwal Makan Si 2 Tahun:

 

1. Jadwal makan bergantung pada rutinitas keluarga 

Jadwal makan si kecil bisa disesuaikan dengan rutinitasnya setiap hari. Contoh, kalau si kecil terbiasa bangun pagi, Genbest bisa menyelipkan jadwal makan camilan sebelum jadwal sarapan. Atau kalau si kecil memiliki kebiasaan tidur malam cepat mungkin dia membutuhkan camilan sebelum tidur  supaya tidak terlalu lapar di pagi harinya.

 

2. Buat jadwal makan dengan rentang 2-3 jam

Umumnya jadwal makan dibuat setiap 2 hingga 3 jam untuk mengondisikan perut sudah lapar, tapi belum terlalu lapar. Menyajikan makanan pada waktu yang teratur juga bisa mencegah si kecil tantrum karena perut yang kosong. 

 

3. Terapkan jadwal makan dengan konsisten 

Jadwal makan yang diterapkan dengan konsisten akan membuat si kecil cenderung tidak meminta camilan sepanjang waktu

 

Baca Juga: Anak Belum Bisa Bicara Hingga Usia 2 Tahun, Coba Lakukan Cara Ini

 

4. Usahakan untuk memberi menu padat nutrisi

Anak usia 2 tahun sedang aktif-aktifnya, jadi Genbest juga perlu menyiapkan diri bila si kecil sulit makan karena lebih memilih untuk bermain. Antisipasi kondisi ini dengan selalu menyajikan menu yang padat nutrisi sehingga cukup satu atau dua gigitan sudah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.  Sebagai pedoman, Genbest bisa menggunakan metode Isi Piringku

 

Contoh Jadwal Makan Si 2 Tahun

 

Contoh 1

07.00 : Bangun

07.30 : Sarapan

10:00 pagi: Camilan pagi

12:30: Makan siang

13:30: Tidur siang

15:30: Camilan sore

17:30: Makan malam

19:00: Tidur

 

Contoh 2

6:00 pagi: Bangun, camilan sebelum sarapan

07.30 : Sarapan

10:00: Camilan pagi

12:30: Makan siang

13:30: Tidur siang

15:30: Camilan sore

17:30: Makan malam

19:00: Tidur

 

Baca Juga: 5 Permainan ini Bisa Bantu Anak 2 Tahun Tambah Cerdas

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top