15 Nov

Genbest pernah mendengar tentang makanan pendamping ASI (MPASI) 4 bintang? Yang perlu diketahui, pedoman MPASI 4 bintang sudah tidak dianjurkan lagi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

 

Sebagai gantinya, Genbest disarankan memberikan MPASI menu lengkap agar kebutuhan nutrisi harian anak tercukupi.

 

Apa sebenarnya beda menu MPASI 4 bintang dengan MPASI menu lengkap? 

 

Menu 4 bintang adalah MPASI yang terdiri dari empat unsur gizi: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Memang benar jika kandungan tersebut memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Namun, kebutuhan nutrisi harian si kecil tidak hanya berasal dari keempat unsur gizi tersebut. Si kecil juga memerlukan sumber lemak, vitamin, dan mineral ke dalam menu MPASI agar tumbuh kembang anak optimal.

 

Baca Juga: Pentingnya Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

 

Sebagai gantinya, Genbest harus selalu memberikan MPASI menu lengkap, bergizi seimbang, dan bervariasi untuk bayi. IDAI menyarankan untuk memberikan MPASI lengkap dengan kandungan makronutrien dan mikronutrien.

 

Kandungan makronutrien terdiri dari karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, serta beragam makanan mengandung protein hewani dan nabati. Sementara itu, kandungan mikronutrien terdiri dari vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, zinc, folat, dan berbagai mineral penting lainnya.

 

Bukan tanpa alasan, pemberian MPASI menu lengkap, bergizi seimbang, dan bervariasi bertujuan untuk mencegah bayi mengalami kurang gizi yang dapat berisiko stunting.

 

Baca Juga: MPASI Awal Bayi Harus Tunggal atau Lengkap?

 

Beragam Makanan MPASI Menu Lengkap

Sekarang sudah paham mengapa MPASI menu lengkap sangat disarankan, bukan? Genbest tidak perlu bingung, sebagai referensi, berikut beragam makanan yang cocok dimasukkan ke dalam MPASI menu lengkap si kecil:

 

  • Karbohidrat: nasi, gandum, atau oatmeal.
  • Protein hewani: daging ayam, daging sapi, telur, dan ikan.
  • Protein nabati: tahu, tempe, kacang polong, dan kacang merah.
  • Lemak sehat: buah alpukat atau minyak zaitun.
  • Zat besi: hati ayam, hati sapi, atau sayur bayam.
  • Asam folat: buah pisang dan berbagai sayuran berdaun hijau gelap.
  • Vitamin A: ubi jalar, wortel, apel, dan pisang.
  • Vitamin C: jeruk, pepaya, dan brokoli.

 

Meskipun beberapa makanan di atas baik untuk bayi, namun pastikan Genbest memberikan MPASI dengan jumlah dan tekstur sesuai usia si kecil, ya! 

 

Baca Juga: Makanan dan Minuman untuk Optimalkan Fungsi Otak Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top