18 May

Manfaat Telur Bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

by : GenBest

GenBest senang makan telur?  Telur adalah makanan yang sangat sehat dan penting untuk dimasukkan dalam diet kita secara teratur, terlebih bagi GenBest yang sedang hamil atau menyusui. Telur adalah sumber vitamin dan mineral. Bahkan di telur, ada vitamin yang tidak ditemukan dalam banyak makanan lain, seperti vitamin D.

 

Jadi nggak perlu ragu untuk memasukan berbagai olahan telur untuk sahur atau berbuka, termasuk untuk GenBest yang sedang hamil atau menyusui. Tapi hati-hati saat mengolahnya ya GenBest. Telur yang aman bagi ibu hamil dan menyusui adalah telur yang diolah sampai benar-benar matang. Telur mentah atau setengah matang dikhawatirkan masih mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare.

 

Bagi GenBest penderita kolesterol, silakan menikmati telur dengan mengonsumsi bagian putihnya saja.  Putih telur tidak mengandung kolesterol, tetapi masih mengandung protein. Atau GenBest bisa membeli telur bebas kolesterol yang sekarang banyak dijual di pasaran.

 

Manfaat Telur Bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa kandungan penting dalam telur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian GenBest selama masa kehamilan:

 

Protein

Kandungan protein dalam telur dapat membantu memaksimalkan perkembangan sel-sel janin. Setidaknya GenBest harus memenuhi kebutuhan protein harian sebesar 40-70 gram per hari, salah satunya bisa dari telur.

 

Kolin

Telur kaya kandungan kolin yang dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang otak bayi yang masih dalam kandungan. Kolin juga berperan menurunkan risiko terjadinya cacat tabung saraf dan membantu janin tumbuh maksimal. GenBest harus memenuhi kebutuhan kolin sebanyak 450 mg/hari. Dengan mengonsumsi 2 butir telur, setengah kebutuhan kolin dalam tubuh sudah dapat terpenuhi.

 

Omega 3

Omega 3 mengandung EPA dan DHA yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin. Manfaat lain? Selain baik untuk menjaga kesehatan indera penglihatan bayi, kandungan omega 3 dalam telur juga dipercaya dapat menurunkan risiko kelahiran bayi prematur hingga 42%. 

 

Zat besi

Ibu hamil rentan mengalami anemia kekurangan zat besi karena kebutuhan zat besi yang meningkat, sekitar 27 mg/hari saat kehamilan memasuki trimester kedua. Dengan mengonsumsi satu butir telur, GenBest sudah memenuhi 1,7 mg zat besi. Agar lebih optimal, GenBest bisa menggabungkannya dengan beberapa makanan bernutrisi lainnya.

 

Manfaat Telur Bagi Ibu Menyusui

Ibu menyusui perlu makanan bernutrisi agar ASI-nya berkualitas dan supaya  kebutuhan nutrisi si kecil  pada masa pertumbuhan emasnya terpenuhi dan bebas dari stunting. Ada beberapa kandungan telur yang sangat bermanfaat bagi GenBest yang menyusui:

 

Protein

Kandungan protein dalam telur dapat membantu menggantikan otot-otot yang rusak saat ibu hamil dan melahirkan. Protein juga baik untuk perkembangan otak si kecil dan untuk sistem kekebalan tubuhnya.

 

Kolin

Ibu menyusui perlu memenuhi kebutuhan kolin sekitar 550 mg/hari. Telur mengandung kolin dalam jumlah tinggi. Kolin merupakan suatu zat gizi yang bersama dengan nutrisi penting lainnya memainkan peran penting dalam perkembangan otak anak yang masih dalam periode pertumbuhan emasnya.

 

Omega 3

ASI adalah faktor penting agar anak terhindar dari stunting. Salah satu cara meningkatkan kualitas produksi ASI dengan mengonsumsi telur. Adanya kandungan omega 3 pada telur ternyata dapat meningkatkan kualitas produksi ASI semakin baik dan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi.

 

Vitamin D

Telur dikenal akan kandungan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium menjadi lebih baik. Kandungan vitamin D yang disalurkan melalui ASI akan membantu memelihara jaringan tulang anak agar lebih kuat. Selain itu, vitamin D juga dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu dan mencegah bayi kekurangan kalsium.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top