20 Oct

Ada berbagai macam camilan sehat yang cocok dikonsumsi selama masa kehamilan, salah satunya adalah kacang-kacangan. Siapa sangka, di balik bentuknya yang mungil, ternyata kacang-kacangan menyimpan segudang nutrisi dan manfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

 

Mengutip dari Health.grid, ada penelitian yang menyebutkan; ibu hamil yang mengonsumsi 30 gram kacang-kacangan 3 kali seminggu pada trimester pertama berpotensi melahirkan anak yang cerdas. Tentu saja ini berkat kandungan nutrisi dalam kacang-kacangan yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan saraf otak anak.

 

Lantas, apa saja jenis kacang-kacangan yang bermanfaat untuk ibu hamil?

 

1. Kacang hijau

Kacang hijau dikenal sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak nutrisi bagi ibu hamil. Salah satu zat penting di dalamnya adalah thiamin atau dikenal dengan vitamin B1. Zat thiamin berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

 

Selain itu, thiamin juga berperan penting dalam menjaga fungsi otot, sistem saraf, hingga jantung ibu hamil, serta membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi.

 

2. Kacang merah

Sama dengan kacang hijau, kacang merah juga menyimpan segudang nutrisi dan manfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Bahkan, setengah gelas kacang merah dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian dalam masa kehamilan.

 

Bahkan, kacang merah mengandung asam amino penting yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Artinya, dengan mengonsumsi kacang merah selama masa kehamilan, diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan terserang penyakit selama masa kehamilan.

 

Baca Juga: Uniknya Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Selama Hamil

 

3. Kacang almond

Siapa sangka, ternyata kacang almond menjadi salah satu sumber asam folat. Adanya kandungan asam folat pada kacang almond membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin selama dalam kandungan. Bahkan, kandungan asam folat ini juga penting dalam upaya mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi.

 

Baca Juga: Makanan Kaya Nutrisi Memaksimalkan Kinerja Otak Anak

 

4. Kacang tanah

Salah satu kandungan nutrisi penting kacang tanah bagi tumbuh kembang janin adalah zat besi untuk mencegah anemia. Seperti yang GenBest tahu,  kondisi anemia yang parah dalam masa kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan meningkatkan risiko stunting. Nah, kandungan zat besi pada kacang tanah dapat membantu kita terhindar dari anemia.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

5. Kacang polong

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram kacang polong mengandung 33 Kalori, sehingga cocok dijadikan camilan sehat selama masa kehamilan. Menariknya lagi, kacang polong mengandung asam folat dan omega-3. Kandungan memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin sekaligus mencegah stunting!

 

Nah, itu adalah beberapa jenis kacang-kacangan kaya manfaat yang bisa GenBest konsumsi selama masa kehamilan. Tapi bagi GenBest yang memiliki riwayat alergi lebih baik dihindari, atau konsultasikan pada dokter dulu, ya!

 

Baca Juga: 10 Pantangan Makanan dan Minuman Untuk Ibu Menyusui

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top