13 Sep

Di zaman serba-digital saat ini, gadget  sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kehadirannya seakan bisa mempermudah segalanya. Bahkan untuk anak-anak batita (bawah tiga tahun) yang sulit makan sekalipun, gadget bisa menjadi solusi. 

 

Contoh, ketika si kecil tidak mau makan dan memilih berlarian, saat disodorkan gadget, mereka seperti tersihir untuk duduk manis dan menatap layar gadget dengan tenang. Mulut mereka pun akan otomatis terbuka, ketika kita bilang “ayo a… a…”sehingga menyuapinya pun jadi mudah. Akhirnya makan sambil main gadget pun menjadi kebiasaan anak sehari-hari.  

 

Baca Juga: 3 Masalah Makan Anak dan Cara Mengatasinya

 

Sayangnya, cara membujuk dengan memberi gadget agar anak mau makan tidak disarankan karena hanya sebagai solusi sesaat dan bukan jangka panjang. Apalagi di bawah usia dua tahun, anak-anak idealnya belum boleh dikenalkan pada gadget sesuai himbauan American Academy of Pediatrics karena dapat merusak masa kanak-kanaknya. 

 

Penelitian menunjukkan terlalu banyak terpapar gadget pada masa kanak-kanak dapat berdampak negatif pada otak anak dan fungsinya,  seperti menyebabkan keterlambatan kognitif, gangguan belajar, dan sebagainya. 

 

Kembali pada masalah makan sambil main gadget, menurut dr. Fransisca Handy, Sp.A dari Siloam Hospital Lippo Village Tangerang, yang dikutip dari Kompas.com, kebiasaan main gadget saat makan akan menghambat keterampilan makan anak secara mandiri yang pada akhirnya bisa mengganggu perkembangan kemampuan motorik si kecil.

 

Baca Juga: Hindari Stunting, Ini Caranya agar Anak Tidak Jadi Picky Eater

 

Jadi, yuk, ubah kebiasaan si kecil ini perlahan sebelum dampaknya merembet ke mana-mana. Dalam jangka panjang, misalnya, kebiasaan makan sambil main gadget bisa membuat si kecil jadi kecanduan gadget. 

 

Anak pun berisiko obesitas karena saat makan hanya fokus pada gadget dan mengabaikan berapa banyak makanan yang mereka sudah makan. Si kecil pun tidak belajar untuk berinteraksi dengan orang lain karena terlalu fokus pada gadget-nya. Kondisi ini bisa memengaruhi keterampilan bersosialisasinya kelak. 

 

Hal yang paling penting dalam mengubah kebiasaan makan sambil main gadget ini adalah kesabaran, karena ini akan membutuhkan waktu, dan Genbest harus siap menghadapi kemungkinan kerewelan anak. Berikut ini adalah cara mengatasi kebiasaan anak makan sambil main gadget:

 

1. Konsisten

Setelah Genbest berkomitmen untuk mengubah kebiasaan buruk si kecil ini, jangan pernah menyerah dan terapkan aturan secara konsisten. Yakinlah bahwa ini akan berhasil. 

 

2. Singkirkan semua gadget saat makan

Singkirkan semua iPad, ponsel, dan sejenisnya sebelum mendudukkan si kecil di meja makan. Terapkan aturan tidak ada yang membawa gadget saat makan. Berlakukan ini untuk semua anggota keluarga, termasuk kakak–(kakak) si kecil, pasangan, dan tentunya Genbest sendiri. 

 

Baca Juga: Anak Gemuk Berisiko Mengalami Stunting, Kok Bisa?

 

3. Berikan makanan favorit si kecil 

Saat proses mengatasi kebiasaan si kecil makan sambil main gadget ini, berikan menu yang paling disuka anak. Sekarang bukan waktunya untuk mengenalkan makanan baru, seperti  sayuran. Jadikan momen pertama makan tanpa gadget sebagai momen yang menyenangkan bagi si kecil. 

 

4. Alihkan perhatiannya

Ketika ada gelagat anak akan rewel, cobalah sesuatu untuk menghiburnya. bertingkah konyol, bercerita dengan seru, berikan boneka atau dinosaurus kesayangannya, dan sebagainya. 

 

Silakan mencoba ya, Genbest. Sekali lagi, jangan putus asa untuk mengubah kebiasaan makan sambil main gadget. Terus saja diingat kalau si kecil yang masih di masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak (HPK) membutuhkan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal dan bisa terbebas dari ancaman stunting. 

 

Baca Juga: [Infografis] Stimulasi Keterampilan Makan Anak Sesuai Tahapan Usianya

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top