19 Oct

GenBest pasti sepakat kalau protein hewani memiliki peran penting dalam mencegah stunting pada si kecil. Nah, salah satu sumber protein hewani yang bisa diolah sebagai menu MPASI adalah ikan.

 

Meskipun harganya lebih murah dibanding daging sapi atau ayam, ikan kaya nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3. Si kecil membutuhkan lemak tersebut untuk membangun struktur otaknya. Ikan juga merupakan sumber protein yang dibutuhkan si kecil yang sedang bertumbuh dan juga menyediakan jumlah zat besi, kalsium, seng dan magnesium yang bervariasi.

 

Baca Juga: Memiliki Protein Tinggi, Sering Konsumsi Ikan Bisa Mencegah Stunting, Lho!

 

Kapan Waktu yang tepat Bayi Makan Ikan?

Nah, ini yang sering jadi pertanyaan karena ada yang beranggapan pemberian ikan lebih baik ditunda hingga usia satu tahun setelah si kecil dikenalkan dengan berbagai sayuran dulu.

 

Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), tidak ada urutan tertentu dalam memberikan MPASI pada si kecil. Baik itu karbohidrat, protein dari daging ayam, sapi, telur, maupun ikan, serat sayuran dan buah-buahan sudah bisa dikenalkan sejak awal MPASI. Ini berarti mulai usia 6 bulan, si kecil sudah bisa menikmati MPASI dari berbagai olahan yang mengandung protein, termasuk ikan.

 

Si kecil perlu mengonsumsi protein sejak dikenalkan MPASI karena protein berperan penting dalam mencegah hambatan pertumbuhan, termasuk dalam mencegah stunting.

 

Hanya, karena ikan termasuk salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi, berikan dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Atau bagi si kecil yang keturunan alergi, GenBest bisa mengonsultasikan pada dokter sebelum menyajikannya MPASI dari olahan ikan.

 

Jika tidak ada reaksi alergi, seperti ruam, kram perut, muntah, atau diare, olahan ikan bisa ditambah lebih banyak. Untuk frekuensi pemberian ikan pada bayi, idealnya 2-3 kali seminggu.

 

Baca Juga: Contoh Menu MPASI 4 Bintang Sesuai Usia Bayi

 

Tips Memilih dan Mengolah Ikan dengan Benar

Nah, sekarang GenBest sudah semakin yakin, kan, memberikan ikan sebagai menu MPASI si kecil? Namun, sebelum mengolah ikan dan menjadikannya sebagai MPASI, GenBest harus pastikan dulu memilih ikan dengan tepat. Pastikan membeli ikan segar untuk menjaga kualitasnya.

 

Sebelum mengolahnya, cuci ikan hingga bersih. Paling penting, bersihkan duri ikan secara menyeluruh agar tidak membahayakan si kecil. Ada banyak cara mengolah ikan untuk MPASI, misalnya dikukus, direbus, dipanggang, atau dilumatkan seperti bubur. Tapi, pastikan ikan sudah dimasak sampai benar-benar matang, ya!

 

Tentunya, GenBest juga harus menyesuaikan tekstur ikan dengan tahapan MPASI si kecil. Misalnya dengan memberikan ikan dari tekstur lembut hingga potongan kecil untuk mempermudah si kecil  memakannya.

 

Yuk, cegah stunting dengan makan ikan!

 

Baca Juga: 4 Ikan Lokal Ini Dinilai Ampuh Cegah Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top