24 Sep

Pernah mendengar istilah menarche? Ini adalah istilah menstruasi pertama pada remaja putri. Biasanya menarche terjadi 1-2 tahun setelah tanda pubertas pertama remaja putri. Menarche bisa juga menjadi tanda bahwa dari fase remaja, anak telah memasuki fase dewasa. 

 

Menarche ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Darah tersebut awalnya hanya berupa bercak kecokelatan dengan jumlah sedikit, kemudian menjadi berwarna merah dengan jumlah lebih banyak beberapa hari berikutnya, dan akhirnya, intensitasnya berkurang sampai menstruasi berakhir. 

 

Berikut fakta-fakta terkait menarche yang menarik untuk diketahui:  

 

1. Kapan menarche terjadi

Waktu menarche setiap remaja putri berbeda-beda. Normalnya remaja putri mulai haid pertama pada usia 10-14 tahun. Namun menarche bisa datang lebih cepat ataupun lebih lambat. 

 

Menarche lebih awal umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, dari genetik, peningkatan berat badan selama masa kanak-kanak, kelainan susunan saraf pusat, hingga hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid). 

 

Sedangkan penyebab menarche yang tertunda bisa disebabkan faktor genetik, anemia, diabetes melitus, penyakit ginjal, hingga gangguan autoimun.

 

2. Durasi menarche 

Berbeda dari orang dewasa, saat menarche biasanya rentang durasi haid remaja putri belum teratur, bisa lebih panjang atau lebih pendek. Umumnya menstruasi baru teratur saat memasuki tahun kedua setelah menarche. 

 

Baca Juga: Normalkah Menstruasi Tidak Teratur Pada Remaja Putri

 

3. Keputihan sebelum menarche

Keputihan biasanya terjadi beberapa bulan sebelum menarche. Hal ini normal sebagai persiapan organ reproduksi untuk menstruasi. 

 

Baca Juga: QnA Tentang Menstruasi Ini Bisa Bantu Jawab Keingintahuan Remaja Putri

 

4. Perubahan mood

Moody merupakan hal yang paling cepat dirasakan menjelang menarche. Biasanya remaja putri yang akan mengalami menarche merasa tegang dan lebih emosional: mudah marah, menangis, atau tersinggung tanpa alasan yang jelas. Beragam kondisi ini dikenal dengan premenstrual syndrome atau PMS. Meski umum terjadi namun tidak semua remaja putri mengalaminya.

 

5. Menarche dan gejala fisik

Tidak hanya mengalami perubahan mood, menarche pada remaja putri juga akan membawa beberapa perubahan fisik. Misalnya masalah berat badan, perut kembung, kram perut dan punggung, hingga payudara nyeri.

 

Itulah beberapa fakta yang berkaitan dengan menarche atau menstruasi pertama pada remaja putri. Saat menarche peran orang tua sangat penting untuk mendampingi remaja putri sehingga ia bisa menjaga kesehatan reproduksinya dengan lebih baik. 

 

Baca Juga: 4 Fase Siklus Menstruasi Wanita, Remaja Putri Perlu Tahu

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top