15 Aug

Selama ini mungkin Genbest mengenal vitamin A sebagai vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan mata, termasuk untuk mencegah rabun senja dan kebutaanNamun tak hanya itu, vitamin A juga masih menyimpan berbagai manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

 

Contoh, vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh si kecil karena vitamin A terlibat dalam produksi sel-sel imun dengan membantu membersihkan bakteri dan virus  dari aliran darah.  Karena itulah kekurangan vitamin A dapat meningkatkan kerentanan si kecil terhadap penyakit infeksi, seperti diare, campak, cacar air. Kekurangan vitamin A juga membuat si kecil lebih lama sembuh ketika sakit. 

 

Baca Juga: Kebutuhan Suplemen Anak Memasuki Usia 2 Tahun

 

Manfaat lainnya, vitamin A berperan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Memang nutrisi utama untuk menjaga kesehatan tulang adalah kalsium dan vitamin D. Namun faktanya, menurut penelitian, orang dengan kadar vitamin A dalam darah yang lebih rendah memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi daripada orang dengan kadar vitamin A yang sehat. 

 

Karena itulah perlu dipastikan si kecil tidak kekurangan vitamin A. Namun perlu diketahui, vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar tubuh dengan makan sumber vitamin A, seperti:
•  Makanan hewani seperti: hati, kuning telur, ikan, daging, ayam dan bebek.
• Buah–buahan warna kuning dan jingga seperti:  pepaya, mangga, alpukat, jambu merah dan pisang.
• Sayuran hijau tua dan berwarna jingga seperti: bayam, tomat, wortel.
• Makanan yang diperkaya dengan vitamin A seperti margarine atau susu

 

Baca Juga: Si Kecil yang Sulit Makan, Apakah Selalu Butuh Suplemen?

 

Sayangnya, di Indonesia masih banyak anak yang belum memiliki pola makan seimbang yang kaya akan vitamin (termasuk vitamin A) sehingga kerap menderita kekurangan gizi dan terancam mengalami gangguan tumbuh kembang, seperti stunting.  

 

Pemerintah menyikapi masalah kekurangan vitamin A ini melalui pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi pada anak-anak usia 6 sampai 59 bulan setiap bulan Februari dan Agustus.  Ada 2 jenis vitamin A yang diberikan yaitu yang kapsul biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sampai 11 bulan, dan kapsul merah (200.000 IU) untuk anak usia 12 sampai 59 bulan.

 

Jadi kalau si kecil masuk kategori usia 6 bulan sampai 59 bulan, tak perlu ragu untuk mendapatkan kapsul vitamin A secara gratis di posyandu terdekat atau di fasilitas kesehatan pemerintah lainnya. Ingat vitamin A berperan penting untuk membantu tumbuh kembang optimal anak dan menurunkan risiko stunting!

 

Sumber: https://promkes.kemkes.go.idwww.healthline.com

 

Baca Juga: Jangan Lewatkan Pemberian Vitamin A untuk Si Kecil dan Ibu Nifas!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top