3 Dec

Soal mestruasi yang tidak teratur memang banyak penyebabnya, salah satunya terkait berat badan. Untuk itu, ketika menstruasi Genbest tiba-tiba tidak teratur atau berhenti, coba perhatikan apakah berat badan Genbest sedang naik drastis atau justru turun drastis karena sedang menjalani diet, misalnya? 

 

Dilansir dari laman Verywell Family, naik atau turunnya berat badan bisa berdampak pada siklus menstruasi.  Kenapa bisa begitu? Saat berat badan naik, simpanan lemak tubuh menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menghentikan ovulasi. 

 

Ini terjadi karena peningkatan massa lemak menghasilkan estrogen ekstra dan mengganggu ovulasi sehingga akhirnya menstruasi pun yang terlewat. Menurunkan berat badan dengan cara sehat akan mengembalikan menstruasi yang teratur dan memperbaiki kelebihan estrogen Genbest.

 

Baca Juga: Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

 

Sama halnya ketika berat badan Genbest turun drastis dalam waktu cepat. Kondisi ekstrem ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang menghentikan menstruasi dan seiring waktu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti anemia. Seperti Genbest tahu, kondisi anemia yang parah bisa terbawa hingga masa kehamilan kelak dan menyebabkan bayi yang lahir juga menderita anemia dan meningkatkan risiko stunting. 

 

Baca Juga: Mau Langsing, Eh Malah Kena Anemia

 

Tidak ada patokan pasti tentang jumlah kenaikan/penurunan berat badan yang bisa mengganggu siklus haid. Tetapi semakin signifikan kenaikan/penurunan berat badan dan semakin cepat itu terjadi, maka semakin besar kemungkinannya memengaruhi menstruasi Genbest. Oleh karena itu, kalau Genbestmemiliki rencana menurunkan berat badan (atau justru menambah berat badan), ada baiknya mengubah pola makan dengan lebih sehat. 

 

Baca Juga: Kebiasaan Buruk saat Menstruasi yang Harus Ditinggalkan

 

Pola makan yang sehat dan tepat bisa membantu mengatur berat badan Genbest. Contoh dengan mengurangi karbohidrat dan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin, serat, dan mineral. Perbanyak juga makanan sumber protein, seperti makanan laut, daging tanpa lemak dan unggas, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan-makanan ini akan membantu memberi rasa kenyang yang lebih lama.

 

Jangan lupa, hindari fast food, makanan tinggi garam dan gula. Untuk memastikan apakah diet yang Genbest jalani sudah benar, bisa cek di sini.

 

Nah, semoga Genbest bisa menjalani diet sehat. Bila perlu, temui ahli gizi untuk mencari cara menurunkan/menaikan berat badan tanpa mengganggu kesehatan!

 

Baca Juga: Mencegah Stunting Dimulai dari Masa Remaja, Begini Caranya!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top