27 May

Genbest yang pengantin baru dan tengah sibuk berdiskusi dengan pasangan soal waktu tepat punya momongan, mungkin perlu membahas terlebih dulu bagaimana kesiapan Genbest dan pasangan menjadi orang tua. 

 

Tugas orang tua sangat indah namun penuh tantangan luar biasa. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk mengasuh, melindungi, serta mendidik anak-anaknya hingga mereka tumbuh menjadi anak sehat dan berkualitas, jauh dari berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting. Ini adalah tugas menantang secara fisik dan emosional.

 

Salah satu tanda sederhana Genbest dan pasangan sudah siap menjadi orang tua adalah usia yang sudah di atas 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Usia ini terkait dengan kemampuan berpikir lebih bijak dalam memecahkan berbagai masalah rumah tangga.

 

Baca Juga: Penting Dibaca Jelang Menikah: Persiapan Mental, Kognisi dan Emosi

 

Bila sudah memenuhi syarat usia, ada beberapa tanda lain yang bisa dipertimbangkan, untuk mengetahui apakah sebagai suami istri, Genbest dan pasangan siap menjadi orang tua.

 

1. Siap secara mental 

Genbest dan pasangan harus siap memahami bahwa hidup akan berubah setelah kelahiran bayi. Ini adalah pengalaman yang sangat membahagiakan sekaligus menguras emosi, kesabaran, dan tenaga. Waktu Genbest dan pasangan sebagian besar akan dihabiskan untuk mengurus bayi sehingga mungkin tidak memiliki banyak waktu istirahat dan waktu luang untuk merawat diri sendiri. Setelah menjadi orang tua, anak akan menjadi prioritas. Jika Genbest dan pasangan menyadari hal ini, maka itu salah satu tanda siap menjadi orang tua.

 

Baca Juga: Pentingnya Vaksinasi Sebelum Merencanakan Kehamilan

 

2. Siap secara finansial

Meskipun tidak ada waktu yang tepat untuk memiliki bayi, namun demi memberi buah hati kehidupan terbaik, Genbest dan pasangan setidaknya harus memiliki kemampuan untuk menafkahi keluarga. Memiliki kehidupan yang stabil adalah hadiah untuk si kecil karena ini berarti kita telah memastikan segala macam kebutuhan mereka terpenuhi.

 

3. Siap bertanggung jawab

Saat memiliki anak, Genbest harus siap bertanggung jawab dengan bisa membagi waktu secara bijak antara pekerjaan dan keluarga. Sebagai orang tua, Genbest juga harus siap bertanggung jawab untuk membimbing serta mendidik mereka menjadi anak-anak sehat yang berkualitas,

 

Baca Juga: Jangan Lewatkan Golden Age Anak, Ini yang Perlu Dilakukan

 

4. Siap dengan segala kemungkinan 

Sebagai orang tua, kita harus selalu berharap yang terbaik dan bersiap untuk yang terburuk. Terkadang kita akan merasa gagal sebagai orang tua, namun bila Genbest siap menjadi orang tua, maka Genbest tidak akan pernah berputus asa dan menyadari tugas orang tua memang tidak selalu mudah. 

 

Itulah 5 tanda kita dan pasangan sudah benar-benar siap memiliki anak untuk menjadi orang tua. Apakah Genbest sudah memenuhi kelima tanda di atas?

 

Sumber: Siapnikah.org

 

Baca Juga: Persiapan Memiliki Anak untuk Pasangan Baru Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top