24 Jul

Genbest apakah rajin mencatat rajin siklus menstruasi tiap bulan? Kalau belum, yuk dimulai, karena ini akan memberi banyak manfaat. 

 

Dengan mencatat siklus menstruasi, kamu akan semakin mengenal tubuhmu sendiri dan semakin mudah mengetahui kalau ada masalah. Kenapa? Karena perubahan siklus menstruasi sering kali bisa menjadi petunjuk adanya gangguan kesehatan atau kegiatan yang berlebihan, seperti olahraga yang ekstrem, diet terlalu ketat, atau kamu sedang stres berat. 

 

Nah, itu baru salah satu manfaat mencatat siklus menstruasi, masih ada beberapa manfaat lainnya, yaitu:

 

1. Mengetahui kisaran tanggal PMS

PMS atau premenstrual syndrom merupakan gejala-gejala (fisik dan emosional) yang dialami wanita sebelum menstruasi, contoh nyeri payudara, moody, atau maunya makan manis terus, dan sebagainya.

 

 Kalau gejala itu datang saat tanggal-tanggal mau haid, Genbest bisa lebih siap, Misalnya, Genbest bisamembawa obat antinyeri karena sering mengalami kram perut, atau beberapa pembalut di tas untuk menjaga kebersihan diri selama menstruasi. 

 

Baca Juga: Penting bagi Remaja Putri: Mengenal Menstrual Hygiene

 

2. Mendeteksi masalah menstruasi

Setelah mencatat siklus menstruasi, coba perhatikan siklus itu selama beberapa bulan untuk melihat jika ada masalah, seperti menstruasi terlalu awal, mens terlambat, atau siklus terlalu panjang atau malah terlalu pendek. 

 

Siklus haid normal umumnya akan berlangsung selama 21-35 hari. Sedangkan lamanya menstruasi biasanya 3-7 hari. Sementara darah yang keluar per hari sekitar 40-60 milimeter, atau 3-4 kali ganti pembalut. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter bila merasa menemukan gangguan siklus menstruasi ini.

 

Baca Juga: Cara Cepat Menghitung Usia Kehamilan Sendiri Secara Manual

 

3. Jadi lebih produktif

Mencatat siklus menstruasi juga dapat meningkatkan produktivitas karena selepas menstruasi ada fase di mana wanita secara psikologis cenderung lebih produktif. Genbest dapat memaksimalkan pekerjaan selama 2 minggu periode bulanan ini.

 

Selain itu, pada minggu kedua pasca-menstruasi, hormon estrogen juga sedang banyak-banyaknya dan bisa sumbangan energi lebih untuk berolahraga. Genbest bisa menggunakan fase ini untuk membakar lemak jahat dan kalori di dalam tubuh.

 

Baca Juga: Siklus Haid Tidak Teratur Pengaruhi Kesuburan Ibu?

 

4. Mengetahui masa subur

Mencatat siklus menstruasi akan berguna untuk kamu yang sedang merencanakan kehamilan karena kamu akan lebih tahu kapan kira-kira masa subur berlangsung. Masa subur setiap wanita memang bisa berbeda-beda, tapi biasanya terjadi di hari ke-12 hingga ke-14 setelah haid hari pertama.

 

Berbekal catatan tersebut, kamu juga bisa melakukan KB alami dengan tidak melakukan hubungan intim di saat masa subur untuk menghindari kehamilan.

 

Banyak banget kan, manfaat mencatat siklus menstruasi ini? Nah, selamat mencoba, ya Genbest!

 

Baca Juga: 4 Fase Siklus Menstruasi Wanita, Remaja Putri Perlu Tahu

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top