20 Apr

Masa subur adalah waktu di mana ovulasi kemungkinan terjadi. Pada saat ovulasi, sel telur yang sudah matang akan dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma. Namun masa ovulasi pada setiap wanita berbeda-beda, bergantung pada siklus haid setiap bulannya. Siklus menstruasi normalnya berlangsung 21-35 hari, meski demikian, rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari. 

 

Tantangan bagi setiap wanita adalah mengetahui kapan masa subur ini terjadi. Bagi wanita yang sudah menikah, mengetahui masa subur digunakan untuk bekal melakukan kontrasepsi alami. Artinya, dengan mengetahui masa subur, akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan kehamilan, termasuk memberi jarak kelahiran.

 

Dengan jarak usia anak yang ideal, Genbest bisa lebih fokus mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Contoh, Genbest dapat menyusui si kecil hingga usia 2 tahun dan membantu tumbuh kembang anak berjalan optimal, terhindar dari risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.

 

Baca Juga: Manfaat Mengatur Jarak Kehamilan bagi Anak dan Orang Tua

 

Sedangkan bagi remaja putri, dengan mengetahui masa subur, setidaknya remaja putri akan lebih mudah mengatur aktivitas hariannya. Umumnya wanita lebih bersemangat dan punya mood yang baik selama masa subur sehingga aktivitas bisa dijadwalkan lebih maksimal.

 

Baca Juga: Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

 

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Untuk mengetahui masa subur,  Genbest harus mencatat tanggal menstruasi pertama setiap bulan. Catat setidaknya selama 8 bulan terakhir. Lalu, tentukan lamanya siklus menstruasi dengan cara menghitung jarak dari tanggal haid tiap bulannya. 

 

Jika siklus haid sudah didapat, Genbest bisa langsung menentukan masa subur melalui siklus berikut:

 

1. Melihat dari siklus terpendek.

Misal, siklus terpendek menstruasi terjadi dalam 25 hari, maka kurangi angkat tersebut dengan 18, sehingga mendapatkan hasil 7. Angka ini merupakan hari pertama masa subur.

 

2. Hitung dari siklus terpanjang

Untuk mengetahui hari terakhir masa subur, Genbest dapat menghitung dari siklus haid terpanjang. Misalnya 28 hari, kurangi dengan angka 11, dan hasilnya adalah 17.

 

Dengan contoh di atas, diketahui jika masa paling subur seorang wanita berada di hari ke-7 hingga ke-17, terhitung sejak menstruasi pertama.

 

Selain menghitung secara manual, Genbest dapat menggunakan alat prediksi ovulasi (ovulation test pack). Cara kerjanya dengan meneteskan sampel urine ke alat tersebut, nantinya akan diketahui apakah Genbest berada dalam masa subur atau tidak. 

 

Nah, sekarang sudah tahu, kan, pentingnya mengetahui masa subur? Bagi yang sudah memiliki anak, mengetahui masa subur bisa dijadikan acuan untuk mengatur jarak kehamilan. Sedangkan bagi yang belum ingin memiliki anak, masa subur bisa digunakan sebagai kontrasepsi alami untuk menunda kehamilan.

 

Baca Juga: 4 Fase Siklus Menstruasi Wanita, Remaja Putri Perlu Tahu

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top