24 May

Genbest pernah mendengar istilah EVOO atau extra virgin olive oil? Minyak ini agak berbeda dari olive oilbiasa. Keduanya memang berasal dari buah pohon zaitun, tetapi proses yang digunakan untuk mengekstrak minyaknya berbeda.

 

Menurut salah satu artikel dalam The Kitchen di situs kuliner www.foodnetwork.com, EVOO adalah minyak zaitun berkualitas tinggi. Sebab, ada standar yang harus dipenuhi oleh minyak zaitun untuk menerima label “extra virgin.” Contoh, cara pengolahannya harus bisa  mempertahankan keaslian rasa sehingga umumnya tidak ada tambahan bahan kimia aditif. 

 

EVOO juga memiliki tingkat asam oleat (asam lemak omega-9) yang lebih rendah (kurang dari 1%). Ini menandakan nutrisi yang terkandung di dalam minyak zaitun tersebut tidak banyak berubah sehingga menghasilkan manfaat yang lebih optimal.

 

Baca Juga: 10 Singkatan Seputar MPASI yang Perlu Diketahui Para Ibu

 

EVOO dapat menjadi bahan makanan yang aman dan sehat untuk anak-anak, termasuk untuk olahan MPASI bayi. EVOO adalah sumber lemak sehat dan antioksidan vitamin E, serta mengandung polifenol yang menawarkan manfaat anti-inflamasi dan mendukung kesehatan.  

 

Berikut ini adalah sederet manfaatnya extra virgin olive oil untuk si kecil

 

1. Memenuhi kebutuhan kalori

Extra virgin olive oil sangat baik untuk bayi yang berat badannya tidak naik secara signifikan. Berat badan yang kurang dikhawatirkan dapat menghambat tumbuh kembang si kecil dan meningkatkan risiko stunting. Lemak tak jenuh tunggal dalam EVOO bisa membantu membantu memenuhi 30% kebutuhan kalori harian bayi dan membantu kenaikan berat badan yang sehat pada bayi. 

 

Baca Juga: Ideal Pertambahan Berat Badan Bayi Setiap Bulan

 

2. Meningkatkan perkembangan otak

EVOO mengandung omega 3, omega 6 dan asam linoleate. Semua nutrisi ini sangat penting untuk mielinisasi serabut saraf dan perkembangan otak anak.

 

3. Mencegah sembelit

Saat si kecil sembelit campurkan sedikit extra virgin olive oil pada MPASI bayi. EVOO bisa berfungsi sebagai zat laksatif yang membuat kotoran bayi jadi lebih lunak.

 

Baca Juga: Makanan Tinggi Serat Bikin Sembelit Saat Periode MPASI

 

4. Memperkuat tulang

EVOO mengandung asam lemak tak jenuh, polifenol, fitosterol, dan tokoferol. Kandungan-kandungan tersebut membantu meningkatkan cadangan kalsium pada tubuh bayi.

 

5. Mencegah penyakit kronis

Extra virgin olive oil juga mampu mencegah risiko peradangan kronis karena memiliki kandungan asam oleat yang baik untuk mengurangi risiko inflamasi jangka panjang.

 

Nah, siap memanfaatkan extra virgin olive oil pada MPASI si kecil?

 

Penting diingat, agar tidak merusak berbagai kandungan dalam EVOO, sebisa mungkin hindari proses pemanasan. Tuangkan saja sedikit EVOO pada MPASI si kecil untuk tambahan nutrisi. 

 

Jangan menambahkan terlalu banyak. Untuk porsi 2 ons makanan, 1/4 hingga 1/2 sdt EVOO sudah cukup. Saat si kecil sudah bisa menikmati finger food, EVOO bisa menjadi alternatif saus celup  saat makan buah atau sayuran.

 

Selamat mencoba!

 

Baca Juga: Dos dan Don’ts memberikan MPASI pada Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top