25 Aug

Keinginan setiap orang tua tentu si kecil bisa selalu bersemangat menikmati makanannya yang penuh dengan gizi. Tapi kenyataannya bisa beda banget.

 

Kebanyakan pola makan si kecil justru bikin kita khawatir. Ada yang hanya menatap makanannya dengan tak bernafsu, atau paling banter memainkan makanan, sampai membuatnya berceceran ke mana-mana. Kalau lama-lama begini terus, khawatirnya si kecil jadi kurang gizi. Padahal kurang gizi berkepanjangan dan tidak teratasi bisa meningkatkan risiko stunting.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa orang tua memilih untuk memberikan suplemen pada sang buah hati.  Suplemen memang bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak. Hanya pertanyaannya, apa memang si kecil membutuhkan suplemen itu?

 

Anak kurang makan harus diberi suplemen?

Sebelum menjawab perlu tidaknya suplemen untuk anak, GenBest harus melihat asupan gizi yang didapat anak selama ini dari kebiasaan makan si kecil. Jika anak terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, mereka tidak membutuhkan suplemen.

 

Di sisi lain, jika anak memang susah makan dan tidak makan secara teratur sehingga GenBest khawatir pola makan itu akan memengaruhi kebutuhan nutrisi harian si kecil, maka dia bisa diberikan suplemen. Suplemen juga bisa diberikan pada anak yang suka pilih-pilih makanan.

 

Namun untuk menghindari hipervitaminosis atau keracunan vitamin, pemberian suplemen perlu disesuaikan dengan kebutuhan anak. Karena itu idealnya pemberian suplemen harus sesuai anjuran dari dokter.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Tetap cari solusi anak sulit makan

Hal lain yang perlu selalu diingat, suplemen bukanlah pengganti makanan dan bukan menu utama si kecil.  Untuk itu anak yang sulit makan harus terus dicoba untuk mendapat makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang setiap hari.

 

Berikut beberapa langkah untuk membantu mengatasi anak yang sulit makan:

  1. Mencari penyebabnya, apakah karena sariawan, bosan, atau lainnya.
  2. Modifikasi menu makanan untuk mengantisipasi kalau anak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.
  3. Buat kreasi makanan yang menarik.
  4. Beri makanan yang tinggi nutrisi untuk mencegah anak kekurangan gizi.
  5. Hindari memaksa dan memarahi anak, karena justru bisa membuat anak menolak untuk makan.

 

Baca Juga: Hindari Stunting Ini Caranya Agar Anak Tidak Jadi Picky Eater

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top