1 Dec

Genbest tentu tahu kalau makanan alami adalah yang paling baik. Contoh, menikmati buah apel secara langsung akan lebih baik dari pada ketika dijus karena umumnya saat dibuat jus, apel akan ditambah gula dan air. 

 

Nah, ini memberi gambaran bagaimana makanan sering kali memerlukan proses pengolahan dan saat pemrosesan itu terkadang terjadi perubahan pada makanan tersebut. Pada buah apel yang dijus, misalnya, nutrisi akan berubah karena apel tersebut ditambah air dan gula. 

 

Baca Juga: Berapa Kebutuhan Nutrisi Anak Sesuai Angka Kecukupan Gizi?

 

Apabila Genbest sedang ke supermarket untuk belanja, sebenarnya sebagian besar makanan yang dijual sudah mengalami pemrosesan. Pemrosesan makanan bisa sesederhana, misalnya dengan pembekuan, pengalengan, pembakaran,  pengeringan, dan sebagainya. Tepung terigu yang sering kita manfaatkan untuk berbagai olahan makanan, itu sebenarnya juga biji gandum yang sudah melalui proses pengolahan. 

 

Jadi apakah semua makanan yang diproses buruk? Dalam laman NHS (The National Health Service) sebuah program layanan kesehatan Inggris, dijelaskan tidak semua makanan olahan adalah pilihan yang buruk. Beberapa makanan perlu diproses agar aman, seperti susu yang perlu dipasteurisasi untuk menghilangkan bakteri berbahaya. Makanan lain membutuhkan pengolahan agar layak digunakan, seperti pengepresan biji untuk membuat minyak.

 

Baca Juga: Memberikan MPASI Nasi untuk Bayi? Begini Aturannya

 

Hal yang perlu diketahui ada beberapa tahapan pemrosesan makanan, dari yang minimally processed food(makanan yang diproses seminimal mungkin), processed food (makanan yang diproses), dan ultra processed food (makanan ultra proses). Dalam hal ini, sebisa mungkin hindari Ultra Processed Food.  Jenis makanan ini kemungkinan besar memiliki banyak bahan tambahan yang bisa mengganggu kesehatan, seperti gula, garam, lemak, pewarna atau pengawet buatan. Contoh Ultra Processed Food adalah sosis, french fries, bakso kemasan, biskuit, dan makanan ringan asin (keripik kentang, misalnya).

 

Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemberian ultra processed food bisa meningkatkan nafsu makan dan berat badan anak. Dalam jangka panjang, ultra processed food bisa berisiko menyebabkan obesitas, asma, diabetes, kanker, sindrom iritasi usus besar, kelemahan otot, hingga penyakit jantung. Jadi untuk MPASI si kecil, ultra prosessed food, seperti sosis, bakso kemasan, french fries dan sejenisnya, sebaiknya dihindari dulu, ya Genbest!

 

Baca Juga: Cegah Stunting dengan “Isi Piringku”

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top