28 Aug

8 Sumber Protein Hewani untuk MPASI Bayi

by : Admin

Menginjak usia 6 bulan, pertumbuhan bayi semakin pesat dan membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi yang tidak dapat dipenuhi lagi oleh ASI, karena itulah si kecil membutuhkan MPASI agar tumbuh kembangnya optimal dan bebas stunting. 

 

Tidak berbeda dengan orang dewasa, menu MPASI harus beragam dan bergizi seimbang mengandung karbohidrat, lemak, serat, serta berbagai vitamin dan mineral dan tentu protein. Protein ini yang terkadang terlupakan karena terkadang kita menganggap si kecil yang baru mendapat MPASI belum boleh mendapat sumber protein, seperti daging, ikan, atau telur. 

 

Padahal ini jelas keliru. Protein adalah bahan pembangun otot, kulit, hormon, dan memainkan peran penting dalam semua jaringan tubuh. Kekurangan protein menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya stunting. Studi menunjukkan hubungan yang kuat antara asupan protein rendah dan gangguan pertumbuhan (stunting).

 

Baca Juga: Pentingnya Protein Hewani pada MPASI Anak

 

Lantas, apa saja sumber protein hewani yang cocok untuk MPASi anak?

 

1. Telur

Telur tergolong murah dan mudah didapat, tapi memiliki nutrisi komplet yang berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Adanya kandungan kolin pada telur juga bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi otak dan memori si kecil.

 

2. Daging ayam

Sumber protein hewani untuk MPASI berikutnya adalah daging ayam. Di balik tekstur daging yang lembut, daging ayam mengandung protein, zat besi, magnesium, fosfor, serta berbagai vitamin dan mineral lain yang berperan penting untuk mendukung tumbuh kembang anak.

 

3. Daging sapi

Mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Sebab, kekurangan zat besi dapat menghambat tumbuh kembang anak sehingga berisiko mengalami stunting.

 

Baca Juga: Tanda-Tanda Anemia pada Anak yang Sering Tidak Disadari Orang Tua

 

4. Ikan salmon 

Sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan tersebut pun berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak si kecil.

 

5. Ikan tongkol

Seporsi ikan tongkol mengandung 25-30 gram protein yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, sekaligus mengoptimalkan tumbuh kembang anak di masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

 

Baca Juga: 4 Ikan Lokal Ini Dinilai Ampuh Cegah Stunting

 

6. Keju

Keju termasuk sumber protein hewani yang cocok diolah untuk menu MPASI. Beberapa jenis keju yang bisa diberikan pada bayi adalah cheddarparmesan, dan mozzarella. Pilih keju yang telah dipasteurisasi, ya!

 

Itulah sumber protein hewani yang cocok diolah untuk MPASI bayi. Semoga membantu!

 

Baca Juga: Do’s dan Don’ts Memberikan MPASI pada Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top