21 Sep

7 Tanda Genbest dan Pasangan Siap Menikah

by : Admin

Genbest, kehidupan pernikahan itu akan jauh berbeda dengan masa-masa pacaran. Sebab pernikahan adalah salah satu komitmen terbesar dalam hidup. Oleh karena itu, sebelum memasuki jenjang pernikahan, pastikan kalau kita benar-benar siap.

 

Tanda siap menikah tidak hanya berdasarkan usia saja, namun ada beberapa hal lain, seperti kesiapan fisik, mental. Nah, supaya semakin mantap, coba cek kembali tanda Genbest dan pasangan sudah siap menikah di bawah ini:

 

1. Siap usia

Menurut Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN), usia ideal menikah untuk perempuan minimal 21 tahun, dan 25 tahun untuk laki-laki.

 

Usia tersebut dianggap paling tepat karena, baik pihak perempuan dan laki-laki, sudah lebih matang. Selain itu, memenuhi usia ideal ini juga bertujuan untuk meminimalkan risiko kelahiran bayi stunting akibat pernikahan di usia remaja, di bawah 20 tahun.

 

Baca Juga: Bahaya Pernikahan Dini Sebagai Penyebab Stunting

 

2. Menikah bukan karena gengsi

Selanjutnya, Genbest juga bisa bertanya pada diri sendiri: apa alasanku untuk menikah? Ingat, jangan pernah menikah hanya karena gengsi, atau ejekan teman yang sudah menikah. Jangan menganggap menikah dapat menyelesaikan masalah tersebut. Ingat, menikah adalah salah satu komitmen terbesar dalam hidup.

 

3. Memiliki rencana masa depan bersama

Tanda siap menikah berikutnya memiliki rencana masa depan bersama pasangan. Kehidupan pernikahan tidak hanya sekadar pesta lantas selesai, namun akan berlanjut seumur hidup. Karena itu, memiliki rencana masa depan sangat diperlukan. Misalnya, menentukan apa yang akan dilakukan setelah pesta pernikahan, menentukan lokasi tempat tinggal, hingga perencanaan kapan memiliki momongan.

 

4. Bisa mengatasi konflik secara sehat

Konflik adalah bumbu dalam setiap hubungan, apalagi setelah menikah. Bertengkar sesekali adalah hal normal. Hanya saja, tanda siap menikah bisa dilihat dari cara kita mengatasi konflik secara sehat.

 

Mengatasi konflik secara sehat harus didasari komunikasi yang baik dan saling menghormati satu sama lain. Selain menjadi pendengar yang baik, Genbest juga harus memahami sudut pandang pasangan sehingga dapat mencari jalan keluar bersama. 

 

Baca Juga: Penting Dibaca Jelang Menikah: Persiapan Mental, Kognisi, dan Emosi

 

5. Saling terbuka satu sama lain

Mungkin terdengar sepele, namun saling mengenal dan terbuka dengan pasangan dapat mempererat fondasi hubungan, sekaligus membantu kita saat memasuki dunia pernikahan. Oleh karena itu, cobalah untuk saling terbuka satu sama lain. Mulai dari masalah keuangan, ada tidaknya hutang, memahami masa lalu pasangan, hingga rencana-rencana masa depan yang akan dibangun.

 

6. Siap secara finansial

Tanda siap menikah berikutnya adalah siap secara finansial. Paling sederhana, Genbest harus memiliki sumber penghasilan sendiri. Genbest dan pasangan juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik agar tujuan finansial keluarga bisa tercapai dengan mudah. 

 

7. Saling percaya dengan pasangan

Satu lagi tanda siap menikah yang tidak boleh dilewatkan adalah saling percaya satu sama lain. Kepercayaan memiliki peran penting, bahkan menjadi fondasi utama dalam sebuah hubungan. 

Kepercayaan dapat membuat hubungan terus tumbuh dan bertahan. Bahkan, saling percaya menjadi kekuatan saat menghadapi tantangan yang sulit dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

 

Itulah beberapa tanda siap menikah yang bisa Genbest dan pasangan pertimbangkan kembali. Semoga Genbest dan pasangan dapat memenuhi kriteria tersebut, ya!

 

Baca Juga: Pastikan Kamu Sudah Melakukan 9 Tes Kesehatan Ini Sebelum Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top