11 Nov

Berbagai mitos seputar menstruasi sudah melekat di telinga sebagian besar kamu. Biasanya, mitos-mitos ini diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi.

 

Beberapa mitos yang mungkin sering kita dengar di antaranya: tidak boleh keramas saat haid, dilarang makan daging, atau bahkan minum soda agar haid lancar. Yang perlu Genbest ketahui, mitos-mitos seputar menstruasi tersebut tidak terbukti secara ilmiah.

 

Baca Juga: Q&A Tentang Menstruasi Ini Bisa Bantu Jawab Keingintahuan Remaja Putri

 

Supaya tidak terjebak dalam mitos, yuk, pahami lebih jauh mitos dan fakta seputar menstruasi di bawah ini.

 

Mitos: Tidak boleh keramas saat menstruasi

Banyak mitos yang bilang kalau keramas saat menstruasi menyebabkan darah haid berhenti, dan berbahaya untuk kesehatan. Faktanya, keramas dengan air hangat justru dapat meringankan sakit kepala yang sering datang saat haid.

 

Mitos: Air dingin menunda haid

Minum air putih dingin saat menstruasi dipercaya dapat membuat darah membeku, dan menyebabkan siklus haid tidak teratur. Padahal, tidak ada kaitan antara minum air putih dingin dengan siklus menstruasi! Justru minum air putih (baik air hangat maupun air dingin) saat haid adalah hal yang sangat baik agar tubuh terhidrasi. Selain itu, minum air putih juga dapat meringankan sakit kepala akibat haid.

 

Mitos: Makan daging membuat darah amis

Mitos seputar menstruasi yang kerap kita dengar, larangan makan daging saat haid. Konon, makan daging menyebabkan darah menjadi bau amis. Jangan dipercaya! Karena larangan makan daging saat haid adalah mitos yang salah. Faktanya makan daging saat haid bermanfaat karena kandungan zat besi yang berfungsi mencegah anemia.  Seperti juga kamu tahu, kasus anemia berat yang tidak teratasi saat remaja bisa terbawa hingga masa kehamilan dan meningkatkan risiko stunting pada anak yang dilahirkan kelak.

 

Baca Juga: Duh, Dampak Anemia pada Remaja Putri Bikin Ngeri

 

Mitos: Dilarang olahraga saat menstruasi

Dilarang olahraga saat menstruasi karena katanya bikin tubuh menjadi lemas. Padahal, saat haid kita tetap disarankan untuk olahraga ringan, seperti jalan kaki atau yoga, untuk meredakan rasa kram perut. Jadi, jangan mager, ya!

 

Mitos: Tidak boleh berenang 

Ragu berenang saat menstruasi karena dikhawatirkan darah haid mencemari kolam? Jangan khawatir, faktanya kita tetap bisa berenang dengan nyaman saat haid.  Hanya saja, disarankan tidak menggunakan pembalut biasa, melainkan memakai menstrual cup atau tampon. Selain itu usahakan berenang saat darah haid sudah tidak banyak.

 

Mitos: Minum soda membuat haid lancar

Minum soda saat haid bisa bikin darahnya lancar, lho!” Pernah mendengar kalimat tersebut, Genbest? Sayang sekali, sampai sekarang belum ada bukti ilmiah terkait hubungan soda dengan “lancarnya” darah yang keluar saat menstruasi. Namun, terkadang justru minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung dan membuat kram perut selama haid jadi lebih parah.

 

Mitos: Haid tidak teratur tanda mandul

Banyak yang beranggapan menstruasi tidak teratur menandakan mandul. Padahal, siklus menstruasi yang tidak teratur tidak selalu terkait kesuburan.  Faktanya, ada beberapa penyebab haid tidak teratur, seperti stres, olahraga berlebihan, atau perubahan berat badan drastis. Karena itu lebih baik konsultasikan pada dokter saat menstruasi kamu tidak teratur, ya Genbest.

 

Baca Juga: Siklus Haid Tidak Teratur Pengaruhi Kesuburan Ibu?

 

Nah, itulah beberapa mitos seputar menstruasi yang salah dan tidak perlu dipercaya. Jadi, jangan sampai salah menerima informasi, ya, Genbest!

 

Baca Juga: Remaja Putri Harus Tahu 7 Tanda Haid akan Datang

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top