28 Aug

GenBest yang sedang hamil tentu pernah merasakan lapar terus. Kalau saat trimester satu, ibu hamil biasanya mual muntah dan nggak nafsu makan, di trimester dua wah….  malah pengen ngemil ini-itu.

 

Tenang, kamu boleh-boleh saja ngemil, kok. Camilan justru merupakan bagian penting dari pola makan kehamilan yang sehat, terutama pada trimester kedua dan ketiga, saat kebutuhan asupan kalori kamu meningkat untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Tapi tentu kualitas camilannya perlu bergizi.

 

GenBest tentu ingat, masa kehamilan merupakan bagian tak terpisahkan dari masa 1.000 hari pertama kehidupan. Pemenuhan gizi di awal kehidupan si kecil ini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati, termasuk untuk mencegah risiko stunting.

 

Penuhi keinginan ngemil kamu dengan mengemil makanan tinggi nutrisi yang dibutuhkan tubuh termasuk protein, kalsium, folat, dan sebagainya. Berikut adalah ide camilan bergizi dan enak terbaik untuk semua kebutuhan ngemil kamu:

 

Buah-buahan atau smoothies

Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan juga serat yang dapat membantu ibu hamil tetap sehat dan menunjang tumbuh kembang janin. Ada berbagai macam buah-buahan yang bisa GenBest konsumsi, salah satunya alpukat. Buah ini tinggi protein dan serat yang mudah dicerna tubuh. Alpukat juga tinggi asam folat yang dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.  elain alpukat, GenBest juga boleh saja, kok, konsumsi buah lainnya, seperti: pisang, jeruk, atau delima. Bahkan, kalau bosan mengonsumsi buah utuh, GenBest bisa membuat smoothies.

 

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Ini Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

 

Yogurt

Camilan ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat selama masa kehamilan. Misalnya, kandungan kalsium dalam yogurt dapat menjaga kesehatan tulang serta gigi ibu dan janin. Sementara  kandungan probiotiknya bisa membantu menekan risiko alergi pada bayi.

 

Tapi sebisa mungkin pilih plain yogurt karena tanpa gula. Ingat, asupan gula yang berlebih berkaitan dengan penyakit diabetes dan obesitas. Untuk menambah rasa, GenBest bisa menaburinya dengan buah atau kacang-kacangan yang bernutrisi bagi ibu hamil.

 

Kacang-kacangan

Suka ngemil kacang? Boleh saja, asalkan jangan kacang asin yang banyak mengandung garam atau penyedap rasa, ya. Salah satu kacang yang baik untuk camilan masa kehamilan adalah kacang merah.  Kacang merah mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Zat besi bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan menghindari kita dari anemia. Anemia pada kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi berat lahir rendah, stunting, hingga kematian.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

Oatmeal

Memangnya aman ngemil oatmeal? Tentu saja, GenBest. Oatmeal mengandung kalori dan karbohidrat tinggi. Artinya, dengan mengonsumsi oatmeal bisa sekaligus menambah cadangan energi sepanjang hari.

 

Kandungan protein pada oatmeal juga dapat mengoptimalkan perkembangan tulang dan jaringan pada janin. Oatmeal biasanya juga memiliki kandungan asam folat yang penting bagi tumbuh kembang janin. Agar lebih kaya nutrisi, GenBest bisa menambahkan buah atau yogurt pada oatmeal.

 

Cokelat hitam

Camilan yang dipercaya dapat meningkatkan mood ini ternyata memiliki manfaat tidak terduga bagi ibu hamil. Mengonsumsi cokelat hitam selama hamil akan menjaga kesehatan pembuluh darah, dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Meskipun boleh, bukan berarti GenBest bisa konsumsi berlebihan, ya. Cukup konsumsi secukupnya saja, imbangi dengan makanan bernutrisi agar kamu dan si kecil tetap sehat.

 

Baca Juga: Begini Cara Jaga Asupan Nutrisi Ibu Hamil yang Sibuk Bekerja

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top